Riftanto, Andi Ahmad (2019) EFEKTIVITAS PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB WIYATA DHARMA IV GODEAN. EFEKTIVITAS PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB WIYATA DHARMA IV GODEAN. 0-100.
|
Text
jurnal_AARiftanto_14103241044[1].pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang efektivitas permainan finger painting terhadap kemampuan mengenal warna pada 2 (dua) orang anak tunarungu kelas II SD di SLB Wiyata Dharma IV Godean. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal warna pada kedua subjek yang tampak dari naiknya rerata nilai hasil tes selama 3 fase mulai dari baseline 1 (A1), Intervensi (B), hingga baseline 2 (A2). Pada subjek R rerata nilai hasil tes yang diperoleh pada fase A1 sebesar 63,3%, B sebesar 80%, A2 sebesar 88,3%. Adapun pada subjek I hasil yang diperoleh pada fase A1 sebesar 57%, B sebesar 70%, dan A2 sebesar 77%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa secara keseluruhan permainan finger painting efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak tunarungu berinisial R dan I di kelas II SD SLB Wiyata Dharma IV Godean.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Andi Ahmad Riftanto 14103241044 |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 08:31 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64208 |
Actions (login required)
View Item |