Hartono, Kiswantoro Eko (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TDO SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HAL SAMPUL - HAL LAMPIRAN.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019; 2) adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019; 3) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 33 siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, korelasi ganda, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian: 1) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 19,7%; 2) adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 15,3%; 3) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 26.4%. Selanjutnya dapat menjadi koreksi bagi siswa untuk memotivasi diri agar lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan bagi guru lebih inovatif dalam mengembangkan metode pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran TDO.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Siswa |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 29 May 2019 03:12 |
Last Modified: | 29 May 2019 03:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64202 |
Actions (login required)
View Item |