IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM A PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Wicaksono, Aji (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM A PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas X TSM A pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TSM A tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dengan bentuk tes objektif pilihan ganda. Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu dengan metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X TSM A pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif dapat ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% siswa dapat mencapai nilai ketuntasan belajar minimal (KBM) 75. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan meningkatnya presentase ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus, yaitu presentase pada pra siklus sebesar 54,83%, siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 86,66%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 May 2019 00:23
Last Modified: 28 May 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64149

Actions (login required)

View Item View Item