Sari, Ambar (2019) EVALUASI AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG TUNANETRA DI GEDUNG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_Cover-Daftar Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_AMBAR SARI_15505244011.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_BAB II.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_BAB III.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_BAB IV.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Tugas Akhir Skripsi_AMBAR SARI_15505244011_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Aksesibilitas merupakan kemudahan yang disediakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari secara mandiri guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan. Kajian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggali seberapa jauh bangunan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY mampu melayani dan memfasilitasi aktivitas para disabilitas dengan optimal. Kajian ini berfokus kepada penyandang disabilitas tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode ini dilakukan dengan observasi lapangan pada elemen bangunan. Elemen yang disurvei sebanyak tiga macam elemen yaitu keruangan, sirkulasi dan elemen penunjang ruang. Data yang digunakan berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian komparatif, yaitu membandingkan antara kondisi lapangan dan standar yang ada yaitu penilaian Kementerian PUPR dari Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam menilai keandalan bangunan. Penelitian menunjukkan hasil evaluasi setiap elemen berdasarkan prosentase penilaian yang diperoleh. Elemen keruangan sebesar 100%, sirkulasi sebesar 81,47%, dan elemen penunjang ruang sebesar 51,8%. Hasil perhitungan rata-rata nilai keseluruhan ketiga elemen tersebut diperoleh hasil sebesar 77,76% dan nilai tersebut masuk dalam kategori kurang aksesibel. Dari ketiga elemen tersebut yang secara umum sudah sesuai standar yaitu elemen keruangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aksesibilitas, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, tunanetra, evaluasi |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 May 2019 07:58 |
Last Modified: | 27 May 2019 07:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |