Pradana, Ilyas Rif’at (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (IND_ ENG).pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan model multimedia pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik dari aspek media dan aspek materi, (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan multimedia ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Evaluasi produk dibagi ke dalam uji coba kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa kelas XI TITL B dan uji coba lapangan yang melibatkan 30 siswa kelas XI TITL A Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) model multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik yang tepat pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik meliputi unsur materi pokok bahasan instalasi tenaga listrik, sistem pembumian dan penangkal petir, latihan soal evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman pengguna, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, tata letak (layout) yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program; (2) kelayakan multimedia pembelajaran instalasi tenaga listrik, berdasarkan penilaian ahli media diperoleh skor 73,50 atau dalam kategori “layak”, dan penilaian ahli materi diperoleh skor 82,00 atau dalam kategori “layak”; (3) dari respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik diketahui bahwa 68,80% siswa pada uji coba lapangan menyatakan produk dalam kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia pembelajaran interaktif, teknik ketenagalistrikan, ADDIE |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 27 May 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64066 |
Actions (login required)
View Item |