PENGEMBANGAN TRAINER BEBAN MOTOR LISTRIK TIGA FASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (IML) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Baharuddin, Baharuddin (2019) PENGEMBANGAN TRAINER BEBAN MOTOR LISTRIK TIGA FASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (IML) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan trainer beban motor listrik tiga fasa pada mata pelajaran IML kelas XI. (2) Mengetahui unjuk kerja trainer beban motor listrik tiga fasa. (3) Menghasilkan trainer beban motor listrik tiga fasa yang layak digunakan untuk menunjang proses belajar siswa. (4) Mengetahui kelayakan trainer beban motor listrik tiga fasa berdasarkan penilaian siswa sebagai pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pendekatan ADDIE (Alaysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) oleh Branch. Obyek yang dikembangkan adalah trainer beban motor listrik tiga fasa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebagai pengguna, dosen dan guru sebagai ahli media dan ahli materi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup skala Likert dengan empat pilihan jawaban, pengolahan data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Telah dihasilkan trainer beban motor listrik tiga fasa dilengkapi dengan buku panduan dan jobsheet. (2) Trainer beban motor listrik memiliki unjuk kerja yang baik. (3) Trainer beban motor listrik tiga fasa memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak, ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli. Hasil validasi media memperoleh skor rerata 3,49 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, hasil validasi materi memperoleh skor rerata 3,54 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. (4) Hasil penilaian siswa menunjukkan bahwa trainer beban motor listrik tiga fasa memiliki tingkat kelayakan yang layak, hal ini ditunjukkan oleh skor rerata penilaian yaitu 3,22. Pada aspek kualitas materi diperoleh rerata 3,16, dan aspek tampilan rerata 3,15 termasuk kategori Layak, sedangkan aspek teknis diperoleh skor rerata 3,26, dan aspek kemanfaatan diperoleh sekor rerata 3,30 termasuk kategori Sangat Layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Intstalasi Motor Listrik, pembebanan motor listrik, R&D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 May 2019 02:18
Last Modified: 27 May 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64065

Actions (login required)

View Item View Item