EFEKTIVITAS PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB WIYATA DHARMA IV GODEAN

Riftanto, Andi Ahmad (2019) EFEKTIVITAS PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB WIYATA DHARMA IV GODEAN. S1 thesis, Fakultas llmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Andi_Ahmad_R_14103241044[1].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang efektivitas permainan finger painting terhadap kemampuan mengenal warna pada anak tunarungu kelas II SD di SLB Wiyata Dharma IV Godean. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 (dua) orang anak tunarungu kelas II SD di SLB Wiyata Dharma IV Godean dengan kemampuan mengenal warna yang belum baik. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pengulangan dengan model A1-B-A2. Data penelitian dikumpulkan dengan tes lisan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sederhana dengan analisis dalam dan antar kondisi. Data hasil penelitian yang diperoleh disajikan dalam tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal warna pada kedua subjek yang tampak dari naiknya rerata nilai hasil tes selama 3 fase mulai dari baseline 1 (A1), Intervensi (B), hingga baseline 2 (A2). Pada subjek R rerata nilai hasil tes yang diperoleh pada fase A1 sebesar 63,3%, B sebesar 80%, A2 sebesar 88,3%. Adapun pada subjek I hasil yang diperoleh pada fase A1 sebesar 57%, B sebesar 70%, dan A2 sebesar 77%. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan finger painting efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna kedua subjek. Selain itu prosentase overlap yang kecil juga menjadi indikasi bahwa intervensi yang diberikan memberikan pengaruh yang besar. Pada subjek R prosentase overlap antara fase A1 dengan B sebesar 0% dan antara B dengan A2 sebesar 33,3%. Adapun pada subjek I prosesntase overlap sebesar 0% antara A1 dengan B dan 0% antara B dengan A2. Dari hasil tersebut diketahui bahwa secara keseluruhan permainan finger painting efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak tunarungu berinisial R dan I di kelas II SD SLB Wiyata Dharma IV Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan finger painting, kemampuan mengenal warna, anak tunarungu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Andi Ahmad Riftanto 14103241044
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:30
Last Modified: 13 Apr 2023 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64058

Actions (login required)

View Item View Item