PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INTERNSHIP PROGRAM TRACER BERBASIS WEBSITE DENGAN MEAN STACK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rizqon, Muhammad Fatih (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INTERNSHIP PROGRAM TRACER BERBASIS WEBSITE DENGAN MEAN STACK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul s.d Daftar Lampiran.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. File Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. File Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis terhadap pelaksanaan Praktik Industri di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, beberapa mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Industri mengalami kendala ketika akan menentukan industri/perusahaan/bengkel sebagai tempat Praktik Industri. Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk memberikan solusi terhadap permasalahan di atas dengan mengembangkan Sistem Informasi Internship Program Tracer berbasis Website dengan MEAN Stack. Kedua melakukan pengujian aspek functional suitability, performance efficiency, dan usability terhadap kualitas Sistem Informasi yang telah dikembangkan dengan mengacu pada standar ISO/IEC 25010. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development dan menggunakan prosedur pengembangan perangkat lunak Agile Unified Process (AUP) melalui 4 (empat) fase yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Produk hasil penelitian ini diuji kualitasnya pada aspek functional suitability, usability, dan performance efficiency yang mengacu pada Standar ISO 25010. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Internship Program Tracer berbasis Website dengan MEAN Stack untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Dan dari pengembangan tersebut, penelitian ini telah dilakukan pengujian kelayakan yang mengacu pada standar ISO 25010 pada aspek functional suitability yang memberikan hasil seluruh fungsi dalam sistem berjalan 100%, aspek usability pada sistem ini diukur menggunakan System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor akhir 72 sehingga sistem ini dapat disimpulkan baik untuk digunakan. Dan yang terakhir pengujian performance efficiency diperoleh hasil Page Speed sebesar 98,25% (Grade A), YSlow sebesar 78% (Grade C), dan rata-rata waktu-load sebesar 5,95 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MEAN Stack, ExpressJS, Angular, NodeJS, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2019 06:09
Last Modified: 24 May 2019 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64028

Actions (login required)

View Item View Item