PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK FURNITURE KELAS XI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Sontani, Tatang (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK FURNITURE KELAS XI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Judul-Lampiran.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sistem blok di Kompetensi Keahlian Teknik Furniture SMK Pangudi Luhur Muntilan Kelas XI tahun ajaran 2017/2018 yang meliputi: (1) Tahap perencanaan pembelajaran sistem blok, (2) Tahap pelaksanaan pembelajaran sistem blok, (3) Kegiatan evaluasi pembelajaran sistem blok. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah tenaga pendidik Kompetensi Keahlian Teknik Furniture SMK Pangudi Luhur Muntilan sebanyak 6 orang terdiri dari Ketua Jurusan dan guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang teknik analisis data adalah triangulasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap perencanaan pada pelaksanaan pembelajaran sistem blok diawali dengan kegiatan studi banding ke sekolah lain sehingga diperoleh cara mengelompokkan jenis mata pelajaran produktif dan teori yang kemudian digunakan untuk membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran sistem blok berjalan lancar dimulai sejak awal minggu pertama semester. Hasil penerapan pelaksanaan pembelajaran sistem blok dinilai dari ketercapaian target materi dan dari nilai rapor siswa dan tingkat kelulusan yang tinggi. (3) Evaluasi dilakukan oleh guru produktif dan ketua jurusan pada akhir semester terkait kendala pelaksanaan pembelajaran yang dialami. Hasil evaluasi berupa temuan kendala pelaksanaan dan persiapan pelaksanaan sistem pembelajaran blok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, sistem blok, teknik furniture
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2019 00:36
Last Modified: 21 May 2019 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63882

Actions (login required)

View Item View Item