SISTEM KENDALI DAN AKUISISI DATA SUHU SERTA KELEMBABAN RUANG BUDIDAYA JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Rohmah, Amalia (2019) SISTEM KENDALI DAN AKUISISI DATA SUHU SERTA KELEMBABAN RUANG BUDIDAYA JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Cover (Halaman Judul) s.d Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proyek Akhir ini bertujuan untuk: (1) menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi pengatur suhu dan kelembaban ruang budidaya jamur tiram secara otomatis; (2) melakukan pengujian teknologi pengatur suhu dan kelembaban otomatis pada ruang budidaya jamur tiram (3) mengetahui kinerja teknologi pengatur suhu dan kelembaban ruang budidaya jamur tiram otomatis berbasis Internet of Things (IoT). Pembuatan alat ini terdiri dari tahap analisis, tahap desain/perancangan sistem, tahap perakitan, dan tahap pengujian. Pada tahap pengujian dilakukan 2 jenis pengujian yaitu pengujian teknis dan pengujian efektivitas. Alat ini dilengkapi dengan hardware control, software dan sebuah cloud server sebagai penyimpanan data sensor sehingga efisiensi dalam budidaya jamur tiram meningkat. Sistem kerja dari alat ini yaitu dengan mengatur temperatur dan kelembaban yang diinginkan untuk membudidayakan jamur tiram dan mengontrolnya melalui web server yang tersedia melalui jaringan interet. Rancangan yang dikembangkan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang menggabungkan hardware control, software, dan cloud server. Alat ini terdiri dari 3 proses utama yaitu input, proses dan output. Input menggunakan sensor DHT11, data dari DHT11 akan menuju ke NodeMCU ESP8266 untuk diproses. Output dari alat ini yaitu aktuator 220 V AC. Hasil pengujian yang telah dilakukan adalah: (1) Tingkat kelayakan implementasi alat ini ditinjau dari hasil unjuk kerja diperoleh untuk sensor didapatkan rata-rata error sebesar 1,44%, sedangkan rata-rata kelembaban yang dihasilkan pada perbandingan pembacaan tersebut adalah 3,35% sehingga dapat digunakan dengan baik pada proses budidaya jamur tiram; (2) Aktuator akan menyala apabila suhu yang terbaca lebih dari 28oC atau kelembaban kurang dari 70%. Hasil transmisi dan penyimpanan data hardware ke software pada database berfungsi dengan baik, pengujian efektivitas yang menunjukkan alat yang dikembangkan lebih efektif 5 jam dibandingkan cara manual, (3) Keunggulan alat ini yaitu dapat bekerja secara otomatis karena menggunakan teknologi internet of things, terdapat data recording yang dapat dipantau secara realtime, dan fitur-fitur yang mudah digunakan sehingga dapat membantu petani dalam perawatan jamur tiram.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Jamur Tiram, Suhu, Kelembaban, Internet of Things (IoT)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2019 02:56
Last Modified: 20 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63862

Actions (login required)

View Item View Item