TATA RIAS KARAKTER NAYAKA PANCA DALAM TEATER TRADISI MAHA SATYA DI BUMI ALENGKA “HANOMAN DUTA”

Andayasari, Galuh Cahya (2019) TATA RIAS KARAKTER NAYAKA PANCA DALAM TEATER TRADISI MAHA SATYA DI BUMI ALENGKA “HANOMAN DUTA”. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Pergelaran karya proyek akhir dikemas dalam pergelaran teater tradisi yang menggunakan perpaduan 60% teknologi dan 40% tradisional ini bertujuan untuk: 1) dapat merancang tata rias karakter, kostum, aksesoris, wig, dan senjata pada tokoh Nayaka Panca sebagai seorang prajurit Kerajaan Alengka dalam pergelaran teater tradisi Maha Satya di Bumi Alengka “Hanoman Duta”; 2) dapat mengaplikasikan tata rias karakter, kostum, aksesoris, wig, dan senjata pada tokoh Nayaka Panca sebagai seorang prajurit Kerajaan Alengka dalam pergelaran teater tradisi Maha Satya di Bumi Alengka “Hanoman Duta”; 3) dapat menampilkan tata rias karakter, kostum, aksesori, wig, dan senjata pada tokoh Nayaka Panca sebagai seorang prajurit Kerajaan Alengka dalam pergelaran teater tradisi Maha Satya di Bumi Alengka “Hanoman Duta”. Konsep dan metode pengembangan yang digunakan merupakan pengembangan 4D, yaitu: 1) define (pendefinisian) merupakan proses membaca, mengkaji cerita, memahami, dan mendefinisikan tokoh Nayaka Panca sesuai karakter, karakteristik, sumber ide, dan pengembangan sumber ide; 2) design (perencanaan) berupa proses perencanaan desain kostum, aksesori, tata rias karakter, wig, dan senjata serta pergelaran dengan mengacu pada pengembangan sumber ide yang menerapkan unsur dan prinsip desain untuk tokoh Nayaka Panca; 3) develop (pengembangan) berupa proses validasi terhadap desain kostum, aksesori, tata rias karakter, dan wig serta desain prototype Nayaka Panca; 4) dessiminate (penyebarluasan) berupa proses penyebarluasan karya yang di tampilkan pada pergelaran teater tradisi Maha Satya di Bumi Alengka “Hanoman Duta” Hasil yang diperoleh dari gelar karya proyek akhir, yaitu 1) rancangan kostum dan aksesori yang menerapkan unsur desain warna merah, hitam, dan tembaga, ukuran besar dan kecil, bentuk geometris, dan arah tegak lurus, serta prinsip desain keseimbangan simetris, kesatuan, harmoni bentuk, proporsi, dan pusat perhatian; 2) kostum dan aksesori direalisasikan dengan perpaduan teknologi 60% dan tradisional 40%, menggunakan kostum, kain rampek, aksesori berupa hiasan kepala (irah-irahan), kelat bahu, gelang, rompi dada dan aksesori bahu, kalung, sabuk, gelang kaki dan alas kaki, senjata, wig, dan tata rias karakter dengan foundation merah, gigi, alis, mata, serta garis tajam pada wajah; 3) penyelenggaraan pergelaran teater tradisi Maha Satya di Bumi Alengka “Hanoman Duta” pada 26 Januari 2019 pukul 12.00 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: tata rias karakter, tokoh nayaka panca, maha satya di bumi alengka
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Rias dan Kecantikan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 May 2019 06:48
Last Modified: 15 May 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63828

Actions (login required)

View Item View Item