Purnomo, Lukman Budhi (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKRO 3 SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HAL JUDUL s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif, 2) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain Kemmis & Mc Taggart. Desain Kemmis & Mc Taggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 32 siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: 1) keaktifan belajar siswa sekurangkurangnya 51%, 2) ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya 75%. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan data keaktifan belajar siswa sebesar 60,71% pada siklus I dan 62,67% pada siklus II. 2) Implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,2% pada siklus I dan rata-rata kelas sebesar 91,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,5% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 10 May 2019 00:42 |
Last Modified: | 10 May 2019 00:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63786 |
Actions (login required)
View Item |