Khusna, Ika Hidayatul (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA MAPEL DLE KELAS X TAV SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ROMAWI_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN_IKA HIDAYATUL KHUSNA_14502241011.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara banyak ditemui kendala belajar salah satunya kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada mapel DLE (Dasar Listrik dan Elektronika) siswa kelas X TAV SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Two Stay Two Stray. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TAV semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan, tes evaluasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 3 Yogyakarta. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat pada masing-masing siklus. Rata-rata presentase keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran ini yaitu sebesar 32.27% dan pada siklus I sebesar 42.34%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 66.05%. Peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 31.25%, kemudian mengalami peningkatan menjadi 43.75% pada siklus I dan 84.37% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PTK, Two Stay Two Stray, keaktifan, prestasi belajar, DLE |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 07:29 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 07:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63667 |
Actions (login required)
View Item |