PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NETRAL D YOGYAKARTA

Sukma, Sari Pramudya (2012) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NETRAL D YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Sari Pramudya Sukma_08105244016.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas IV SD Netral D Yogyakarta melalui penggunaan multimedia pembelajaran dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan pada siswa kelas IV SD Netral D Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) . Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Netral D Yogyakarta, dengan siswa sebanyak 31 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, hasil tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket minat belajar IPS, panduan wawancara dan checklist. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan multimedia dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan multimedia dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa. Terdapat kenaikan rata-rata skor minat belajar IPS pada siswa yaitu, sebelum tindakan ( awal ) rata-rata skor minat belajar IPS siswa sebesar 57,61 berada pada kriteria cukup; siklus I rata-rata skor minat belajar IPS siswa sebesar 82,06 berada pada kriteria sangat tinggi, siswa yang mencapai skor ≥80 sebanyak 67,74%. Siklus II rata-rata skor minat belajar IPS siswa sebesar 85,19 berada pada kriteria sangat tinggi, siswa yang mencapai skor ≥80 sebanyak 74,19%. Hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa siswa dan guru menunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan multimedia pembelajaran diminati oleh siswa dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Sep 2012 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6362

Actions (login required)

View Item View Item