ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018/2019 PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Faozan S., M. (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018/2019 PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL TAS.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal PAS Gasal Tahun Ajaran 2018/2019 pada kelompok mata pelajran C2 kelas X kompetensi keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Yogyakarta secara kualitatif meliputi aspek materi, kontruksi, bahasa atau budaya, dan secara kuantitatif meliputi tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh/distractor, validitas, dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian DPIB. Objek penelitian adalah soal PAS Gasal Tahun Ajaran 2018/2019 pada kelompok mata pelajaran C2. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan telaah soal, dan secara kuantitatif menggunakan program Anates V 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitatif soal memiliki kualitas yang kurang berdasarkan aspek materi, bahasa dan budaya. Kekurangan soal yaitu dari segi materi dan kontruksi. Secara kuantitatif memiliki kualitas yang berbeda. Hasil analisis secara kuantitatif sebagai berikut: (1) dari segi tingkat kesukaran pada mata pelajaran TPT, DKB, Gambar Teknik, dan Mekanika Teknik memiliki kualitas yang rendah, (2) dari segi daya beda pada mata pelajaran TPT, DKB, Gambar Teknik memiliki kualitas cukup baik sedangkan Mekanika Teknik memiliki kualitas yang rendah, (3) dari efektivitas pengecoh/distractor pada mata pelajaran TPT memiliki kualitas cukup berfungsi baik sedangkan DKB dan Gambar Teknik kualitas kurang berfungsi, (4) dari segi validitas pada mata pelajaran,TPT, Gambar Teknik dan Mekanika Teknik memiliki validitas cukup tinggi sedangkan DKB validitas rendah, dan (5) dari reliabilitas pada mata pelajaran DKB dan Gambar teknik memiliki tingkat keajegan tinggi (reliable) sedangkan TPT dan Mekanika Teknik memiliki tingkat keajegan yang rendah (un-reliable). Secara keseluruhan kualitas soal masih kurang baik dan perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, dasar program keahlian
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:32
Last Modified: 10 Apr 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63458

Actions (login required)

View Item View Item