PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA EDUTAINMENT BERBASIS GUIDED INQUIRY BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP

Bahauddin, Ahmad (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA EDUTAINMENT BERBASIS GUIDED INQUIRY BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP. S2 thesis, Universtitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TESIS_Ahmad Bahauddin_16709251058_Pendidikan Matematika S2.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika edutainment yang bernama “Proadventure” yang dapat diunduh dari Google Play Store. Produk berisikan materi Peluang untuk kelas VIII SMP yang dikembangkan dengan pendekatan Guided Inquiry yang dapat memberikan pemahaman konsep dan meningkatkan minat belajar siswa. Proses pengembangan produk mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analyze, design, develop, implement, evaluate. Produk telah diimplementasikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semparuk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket minat belajar siswa, instrumen tes pemahaman konsep materi peluang, serta lembar validasi ahli materi dan ahli media. Kualitas produk yang dikembangkan dikaji melalui 3 aspek yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Proadventure” valid dengan rerata skor validasi materi 4.91 (98,2%) dan rerata skor validasi media 4.80 (96%). Produk dinilai praktis dengan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran 95%. Produk juga dinilai efektif ditinjau dari pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Siswa yang memiliki skor di atas batas ketuntasan minimal sebanyak 88%. Kemudian rata-rata minat belajar siswa meningkat dari 79,96 dalam kategori rendah hingga 89,96 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, edutainment, pendekatan guided inquiry, pemahaman konsep, minat belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Bahauddin 16709251058
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:39
Last Modified: 15 Jul 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63409

Actions (login required)

View Item View Item