Ramadhan, Febryan Edwin Nur (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR B SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2. HALAMAN JUDUL s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (40MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK N 1 Sedayu pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif melalui implementasi metode pembelajaran two stay two stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Desain penelitian pada setiap siklus menggunakan empat langkah/tahapan dari penelitian tindakan kelas yaitu, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR B SMK N 1 Sedayu pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan mengamati pelaksanaan metode two stay two stray, serta tes evaluasi untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Implementasi metode two stay two stray dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar apabila persentase keaktifan mencapai 70% (kategori baik) dan sebanyak 75% siswa telah tuntas KKM (kategori baik) yaitu nilai hasil belajar minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode two stay two stray pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK N 1 Sedayu. Hal ini terbukti pada siklus II persentase keaktifan dan ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan persentase keaktifan mencapai 76% (kategori baik) dan jumlah siswa tuntas KKM mencapai 81% (kategori sangat baik).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Two Stay Two Stray, PTK |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 02:37 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 02:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63370 |
Actions (login required)
View Item |