IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR B SMK N 1 SEDAYU

Ramadhan, Febryan Edwin Nur (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR B SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK N 1 Sedayu pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif melalui implementasi metode pembelajaran two stay two stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Desain penelitian pada setiap siklus menggunakan empat langkah/tahapan dari penelitian tindakan kelas yaitu, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR B SMK N 1 Sedayu pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan mengamati pelaksanaan metode two stay two stray, serta tes evaluasi untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Implementasi metode two stay two stray dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar apabila persentase keaktifan mencapai 70% (kategori baik) dan sebanyak 75% siswa telah tuntas KKM (kategori baik) yaitu nilai hasil belajar minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode two stay two stray pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK N 1 Sedayu. Hal ini terbukti pada siklus II persentase keaktifan dan ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan persentase keaktifan mencapai 76% (kategori baik) dan jumlah siswa tuntas KKM mencapai 81% (kategori sangat baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Two Stay Two Stray, PTK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Apr 2019 02:37
Last Modified: 01 Apr 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63370

Actions (login required)

View Item View Item