PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAN TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ikasari, Via (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAN TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Bismillah Full Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap soft skills. (2) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap soft skills. (3) Pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap soft skills. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan sebagai variabel bebas, sedangkan variabel soft skills sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 129 yang berasal dari mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 dan 2017 yang sudah pernah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan responden mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 dan 2017 yang berjumlah 95 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang masuk dalam kategori soft skills baik sebanyak 24,21%, yang masuk dalam ketagori cukup baik sebanyak 58,95%, dan yang masuk dalam kategori kurang baik sebanyak 16,84%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap soft skills. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap soft skills. Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap soft skills, Sumbangan Relatif (SR) lingkungan keluarga sebesar 49,4% dan pembelajaran kewirausahaan sebesar 50,4% terhadap soft skills. Sementara itu, Sumbangan Efektif (SE) variabel lingkungan keluarga sebesar 5,6% dan pembelajaran kewirausahaan sebesar 5,7% terhadap soft skills. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 11,4% sedangkan sisanya sebesar 88,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Barkah Lestari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pembelajaran Kewirausahaan, Soft Skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 01 Apr 2019 07:17
Last Modified: 01 Apr 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63358

Actions (login required)

View Item View Item