PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB SMK NEGERI 2 WONOSARI

Utami, Susmita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul, daftar lampiran.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada mata pelajaran Mekanika Teknik, dengan materi pokok gaya-gaya dalam pada struktrur bangunan di kelas X DPIB SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang teridir dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Wonosari dengan subyek penelitian 30 siswa kelas X program studi Desain Pemodelan dan informasi Bangunan (DPIB). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Wonosari pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Sebelum tindakan persentase hasil belajar siswa tidak ada yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 hasil belajar siswa meningkat menjadi (23,33%) dengan skor rata-rata 58,9. Penelitian dilanjutkan dengan siklus 2 dikarenakan pada siklus 1 belum memenuhi KKM dengan peningkatan hasil belajar (100%) rata-rata nilai 94,8. Diakhiri dengan penelitian siklus 3 dengan persentase (100%) dan rata-rata nilai 98,9. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi indikator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model SAVI, hasil belajar, dan keaktifan siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:16
Last Modified: 27 Mar 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63302

Actions (login required)

View Item View Item