Utami, Susmita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Halaman Judul, daftar lampiran.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada mata pelajaran Mekanika Teknik, dengan materi pokok gaya-gaya dalam pada struktrur bangunan di kelas X DPIB SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang teridir dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Wonosari dengan subyek penelitian 30 siswa kelas X program studi Desain Pemodelan dan informasi Bangunan (DPIB). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Wonosari pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Sebelum tindakan persentase hasil belajar siswa tidak ada yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 hasil belajar siswa meningkat menjadi (23,33%) dengan skor rata-rata 58,9. Penelitian dilanjutkan dengan siklus 2 dikarenakan pada siklus 1 belum memenuhi KKM dengan peningkatan hasil belajar (100%) rata-rata nilai 94,8. Diakhiri dengan penelitian siklus 3 dengan persentase (100%) dan rata-rata nilai 98,9. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi indikator.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model SAVI, hasil belajar, dan keaktifan siswa |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 08:16 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |