Handayani, Tri (2019) PENINGKATAN KOMPETENSI SENSOR DAN TRANDUSER PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA ROBOT MULTINAVIGASI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover_Daftar Lampiran.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak_Tri Handayani_15518244002_PT Mekatronika.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sensor dan tranduser pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan robot multinavigasi di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model dari Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X teknik elektronika industri semester genap tahun akademik 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat pertemuan yang terbagi menjadi dua siklus. Setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), tes kognitif, dan unjuk kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media robot multinavigasi pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di siswa kelas X teknik elektronika industri dapat meningkatkan kompetensi sensor dan tranduser siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kompetensi siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan pada setiap siklus. Peningkatan tersebut ditandai dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil tes pada siklus I yang mencapai 62% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada persentase ketuntasan kompetensi siswa pada aspek psikomotorik. Persentase ketuntasan unjuk kerja siswa mencapai 54% pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada aspek afektif siswa di setiap siklus. Persentase ketuntasan aspek afektif siswa pada siklus I meningkat dari 10% menjadi 15%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 69% menjadi 92%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kontekstual, Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Dasar Listrik dan Elektronika |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 04:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 04:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63275 |
Actions (login required)
View Item |