PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI DUA DIMENSI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

Hidayat, Arif (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI DUA DIMENSI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk game edukasi berbasis desktop dengan sistem operasi Windows (2) menguji kualitas perangkat lunak media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan berdasarkan standar pengujian kualitas perangkat lunak ISO 25010 pada aspek functional suitability dan aspek usability. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan perangkat lunak Waterfall yang memiliki tahapan communication, planning, modeling, construction dan deployment. Pada pengujian functional suitability dilakukan oleh dua ahli media, sedangkan pengujian usability dilakukan terhadap 31 peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media pembelajaran game edukasi teknik animasi dua dimensi sudah mampu menampilkan materi, video dan evaluasi dan (2) hasil pengujian menunjukkan game edukasi telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada aspek functional suitability sebesar 100% dan pada aspek usability sebesar 85,68%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi masuk ke dalam ketegori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, ISO 25010, media pembelajaran, teknik animasi dua dimensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:18
Last Modified: 13 Mar 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63120

Actions (login required)

View Item View Item