PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA ABAKUS PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

maryati, Maryati (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA ABAKUS PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
maryati.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media abakus. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis Yogyakarta sebanyak 2 (dua) siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berhitung, panduan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media abakus dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Tindakan yang dilakukan adalah menghitung dengan menggunakan media abakus, meliputi: menghitung penjumlahan, menghitung pengurangan dan menghitung campuran. Bedasarkan tindakan yang dilakukan, menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes siswa tunanetra kelas III SLB-A Yaketunis Yogyakarta, yaitu pada siklus I sebesar 45% menjadi 54,95 %, pada siklus II dan pada siklus III sebesar 73,3%. Ketuntasan belajar individu dan klasikal telah tercapai pada siklus III, yaitu ditandai dengan semua siswa telah memperoleh nilai tes > 55.5. Peningkatan lain yang dicapai siswa, yaitu kesiapan siswa dalam menerima pelajaran guru pada pembelajaran matematika menunjukkan peningkatan dari standar peringkat penilaian sedang menjadi baik. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika menunjukkan peningkatan dari kriteria sedang menjadi kriteria baik. Kata kunci: prestasi belajar matematika, media abakus, siswa tunanetra

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Sep 2012 09:22
Last Modified: 29 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item View Item