UPAYA PROMOTIF GURU DALAM MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI KELAS 2 SDLB MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERONCE MANIK-MANIK DI SLB N 2 YOGYAKARTA

Purwanti, Ucik (2012) UPAYA PROMOTIF GURU DALAM MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI KELAS 2 SDLB MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERONCE MANIK-MANIK DI SLB N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
pdf ucik purwanti.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku hiperaktif melalui pembelajaran keterampilan meronce manik-manik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrooms action research) , terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 6 kali pertemuan . Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang yaitu anak tunagrahita kategori sedang di kelas 2 SDLB di SLB N 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai bulan Juni 2011. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan meronce manik-manik dapat menurunkan perilaku hiperaktif. Hasil tersebut dibuktikan sebelum dilakukan tindakan perilaku hiperaktif subjek cukup tinggi yaitu terlalu aktif, tidak bisa duduk diam, mengganggu anak lain, berbicara sendiri saat guru mengajar, marah meluap-luap, mudah menangis, keinginannya harus segera dipenuhi, berlari-lari ketika pembelajaran, mudah diganggu perhatiannya dan sulit menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulainya, namun setelah diadakan tindakan perilaku hiperaktif subjek dapat menurun ke arah kegiatan yang positif sesuai dengan indikasi keberhasilan yang ditentukan peneliti yaitu perilaku subjek tidak muncul saat pembelajaran keterampilan meronce manik-manik. Tindakan dalam pembelajaran keterampilan meronce manik-manik dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan individual, metode ceramah dan demonstrasi, serta memotivasi subjek dengan memberikan reinforcement positif dan negatif. Kata kunci: perilaku hiperaktif, pembelajaran keterampilan meronce manik- manik, anak tunagrahita kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Sep 2012 09:21
Last Modified: 29 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item