LAYANAN PEMBELAJARAN SISWA TUNADAKSA DI KELAS V SD NEGERI GUNUNGDANI PENGASIH KULON PROGO

Indriana, Romi (2019) LAYANAN PEMBELAJARAN SISWA TUNADAKSA DI KELAS V SD NEGERI GUNUNGDANI PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ROMI INDRIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pembelajaran siswa tunadaksa di kelas V SD Negeri Gunungdani Pengasih Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi layanan pembelajaran yang dilakukan guru kelas V kepada siswa tunadaksa di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas V SD Negeri Gunungdani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memberikan layanan pembelajaran kepada siswa tunadaksa di kelas V sebagai berikut: 1)membangkitkan motivasi dengan memberikan tambahan waktu dalam mengerjakan tugas belajar, penyesuaian tugas belajar, serta penataan tempat duduk siswa; 2)memberikan perhatian dengan menyiapkan siswa sebelum belajar secara fisik dan menggunakan apresepsi, melibatkan siswa tunadaksa dalam seluruh kegiatan pembelajaran, serta menggunakan metode dan media yang mampu melibatkan siswa tunadaksa; 3)mengulang kembali dan memberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran sebelumnya menggunakan bahasa sehari-hari agar siswa tunadaksa mampu mengulang kembali materi yang telah diajarkan; 4)memberikan pekerjaan rumah serta perintah untuk menerapkan pengetahuan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan kemampuan generalisasi siswa; 5)meningkatkan respon siswa dengan memberikan pertanyaan secara individu terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar; 6)memberikan balikan dan penguatan berupa reward lisan, tepuk tangan, dan nasihat. Kata kunci : layanan pembelajaran, siswa tunadaksa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:07
Last Modified: 28 Feb 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62955

Actions (login required)

View Item View Item