INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA SLOW LEARNER KELAS IIB SD PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Nurmalasari, Desinta (2019) INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA SLOW LEARNER KELAS IIB SD PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desinta Nurmalasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui interaksi pembelajaran siswa slow learner di kelas IIB SD Panggang Sedayu Kabupaten Bantul. Interaksi pembelajaran meliputi tujuan, prosedur yang direncanakan untuk mencapai tujuan, penggarapan materi khusus, aktivitas siswa, guru sebagai pembimbing, disiplin siswa, batas waktu, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek seorang siswa slow learner di kelas IIB SD Panggang Sedayu Kabupaten Bantul. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IIB, guru olahraga, guru pendidikan agama islam, dua teman siswa slow learner, dan siswa slow learner. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner memiliki interaksi pembelajaran yang berbeda dengan siswa slow learner pada umumnya. Perhatian khusus yang diberikan dari gurudirespon oleh siswa slow learner. Siswa slow learner mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode dan media pembajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Penggarapan materi dari awal hingga akhir juga diikuti oleh siswa slow learner. Siswa slow learner tampak mengikuti aktivitas pembelajaran baik kegiatan apersepsi, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan di dalam atau di luar kelas. Bimbingan yang diberikan oleh guru diterima dengan senyuman dan ungkapan terima kasih. Kedisplinan siswa slow learner tampak ketika mengikuti prosedur pembelajaran dari awal hingga akhir. Dalam menyelesaikan tugas, siswa slow learner tidak pernah terlambat. Saat evaluasi pembelajaran siswa slow learner mengikuti kegiatan refleksi, menyimpulkan, dan mengerjakan tes lisan/tertulis sesuai dengan kemampuannya. Kata kunci: interaksi pembelajaran, siswa slow learner, Sedayu Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:33
Last Modified: 27 Feb 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62953

Actions (login required)

View Item View Item