PENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KETERAMPILAN MEMBUAT ROK PADA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Yulistina, Sendhy Claudya Farera (2019) PENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KETERAMPILAN MEMBUAT ROK PADA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1)Mendeskripsikan pencapaian hasil belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani; 2) Mendeskripsikan pencapaian hasil belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani ditinjau dari aspek p ersiapan, proses dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani, Sleman, Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi terhadap hasil belajar kinerja siswa dengan menggunakan lembar unjuk kerja. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah instrumen yang sudah dibuat dan digunakan oleh guru secara berulang-ulang sehingga instrumen sudah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pencapaian hasil belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani dari 35 siswa terdapat 14,3% atau sebanyak 5 siswa yang kompeten, terdapat 85,3% atau 30 siswa yang tidak kompeten 2) pencapaian hasil belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani ditinjau dari tiga aspek sebagai berikut : pada aspek persiapan terdapat 60% atau 21 siswa yang kompeten, terdapat 40% atau 14 siswa yang tidak kompeten, pencapaian hasil belajar paling rendah terdapat pada indikator kelengkapan alat;pada aspek proses terdapat 37% atau 13 siswa yang kompeten, terdapat 63% atau 22 siswa yang tidak kompeten, pencapaian hasil belajar paling rendah terdapat pada indikator memasang ritsreting dan memotong bahan;pada aspek hasil terdapat 6% atau 2 siswa yang kompeten, terdapat 93% atau 33 siswa yang tidak kompeten, pencapaian hasil belajar paling rendah terdapat pada indikator melakukan pressing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pencapaian hasil belajar, membuat rok, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62914

Actions (login required)

View Item View Item