PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Sari, Vivi Melina (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_TAS _VIVI MELINA SARI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TAS _VIVI MELINA SARI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_TAS _VIVI MELINA SARI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_TAS _VIVI MELINA SARI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja multimedia berbasis android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar pengukuran listrik; (2) mengetahui tingkat kelayakan multimedia berbasis android sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar pengukuran listrik ditinjau dari aspek materi dan aspek media pembelajaran; (3) mengetahui tanggapan pengguna terhadap multimedia berbasis android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar pengukuran listrik. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development). Model pengembangan penelitian menggunakan ADDIE. Subjek penelitian di uji cobakan ke peserta didik kelas X dan XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Nasional Berbah sejumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket skala likert dengan empat pilihan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitin menunjukkan bahwa: (1) unjuk kerja produk yang dihasilkan secara keseluruhan dikategorikan “Sangat Baik”. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji black box testing diperoleh skor 100%; (2) kelayakan multimedia berbasis android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar pengukuran listrik dari aspek materi mendapat skor total 82,29%, dikategorikan “Layak”. Kelayakan ditinjau dari aspek media mendapat skor total 85,71%, dikategorikan “Sangat Layak”; (3) tanggapan pengguna terhadap multimedia berbasis android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar pengukuran listrik diperoleh skor total 75,47%, dikategorikan “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Android, ADDIE, Pengukuran listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62850

Actions (login required)

View Item View Item