PEMBUATAN ALAT BANTU MELEPAS DAN MEMASANG RODA PADA PROSES QUICK SERVICE KENDARAAN DI BENGKEL OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anggoro, Novan Bagus (2019) PEMBUATAN ALAT BANTU MELEPAS DAN MEMASANG RODA PADA PROSES QUICK SERVICE KENDARAAN DI BENGKEL OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. D3 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Novan Bagus A. 15509134027 A.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk menunjang proses quick service kendaraan di bengkel otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta agar proses quick service menjadi lebih mudah dalam melepas dan memasang roda kendaraan. Proses pembuatan alat SST melepas dan memasang roda kendaraan pada proyek akhir ini dilakukan berdasarkan indentifikasi kebutuhan seperti mencari ukuran, luasan, dan bahan yang digunakan. Setelah mendapatkan data-data tersebut maka dibuatlah desain alat SST melepas dan memasang roda kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan proses quick service, Dalam pembuatan alat SST tersebut dilakukan beberapa proses seperti pemilihan besi, pemoongan besi, pengelasan, pengecatam dan pemasangan komponen. Langkah terakhir yaitu melakukan pengujian alat yang di uji dengan cara pembebanan langsung dan membandingkan ergonomi kerja mahasiswa saat melakukan proses quick service dengan menggunakan alat SST tersebut atau tidak menggunakan alat SST tersebut. Hasil dari pembuatan alat SST melepas dan memasang roda kendaraan sesuai dengan desain yang di buat dan dapat menopang roda kendaraan dengan baik sesuai dengan fungsinya dengan dimensi alat yaitu panjang 90cm, lebar 70cm dan tinggi 135cm. Alat tersebut juga berhasil memperbaiki posisi kerja mahasiswa karena dapat mengurangi pekerjaan dengan posisi membungkuk saat proses quick service.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Special service tools quick service
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:44
Last Modified: 25 Feb 2019 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62848

Actions (login required)

View Item View Item