PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KOMPETENSI DASAR BAHAN-BAHAN LISTRIK DAN KOMPONEN PASIF UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X SEMESTER I PROGRAM KEAHLIAN KETENAGALISTRIKAN DI SMK

Rahmat, Isnani Mumtafazah (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KOMPETENSI DASAR BAHAN-BAHAN LISTRIK DAN KOMPONEN PASIF UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X SEMESTER I PROGRAM KEAHLIAN KETENAGALISTRIKAN DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11518241005_BAB1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11518241005_BAB2.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11518241005_BAB3.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan, dan (2) menguji kelayakan modul pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Penelitian dan pengembangan dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNY dan SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N Tamansiswa Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket yang disusun dalam Skala Likert dengan empat pilihan. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan hasil adopsi instrumen yang telah dinyatakan valid. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Modul Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik kompetensi dasar bahan-bahan listrik dan komponen pasif. Validasi penilaian dari ahli media memperoleh skor 3,23 termasuk dalam kategori “Layak”. Penilaian dari ahli materi memperoleh skor 3,2 termasuk dalam kategori “Layak”. Penilaian dari siswa sebagai pengguna produk memperoleh skor 3,26 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. secara keseluruhan modul dikategorikan Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Modul Pembelajaran, DPL, Dasar Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62712

Actions (login required)

View Item View Item