PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PARALEL DAN SERIAL PADA SISTEM MASTER - SLAVE MIKROKONTROLER UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK MIKROKONTROLER

Wahyudi, Riky (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PARALEL DAN SERIAL PADA SISTEM MASTER - SLAVE MIKROKONTROLER UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK MIKROKONTROLER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran komunikasi paralel dan serial pada sistem master - slave mikrokontroler untuk mata kuliah praktik mikrokontroler, (2) mengetahui unjuk kerja dari media pembelajaran komunikasi paralel dan serial pada sistem master – slave mikrokontroler, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran komunikasi paralel dan serial pada sistem master – slave mikrokontroler ditinjau dari ahli media, ahli materi, dan pengguna. Jenis peneliti ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) menurut Robert Maribe Branch. Tempat penelitian ini berada di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket kuesioner dengan empat skala Likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Rancangan media pembelajaran komunikasi paralel dan serial pada sistem master slave mikrokontroler terdiri dari: modul mikrokontroler master, modul mikrokontroler slave, modul indikator komunikasi paralel joystick dan sensor IMU MPU6050, modul push button, modul LCD mikrokontroler master, LCD mikrokontroler slave, modul joystick, modul dan sensor IMU MPU6050. (2) Unjuk kerja dari media pembelajaran komunikasi paralel dan serial pada sistem master -slave mikrokontroler digunakan pada komunikasi paralel dan serial dengan aplikasi joystick antar mikrokontroler master dengan mikrokontroler slave, komunikasi paralel dan serial dengan aplikasi sensor IMU MPU 6050 antar mikrokontroler master dengan mikrokontroler slave. (3) Tingkat kelayakan ditinjau dari ahli media mendapatkan rerata 68 dari nilai maksimum 80, yang masuk dalam katagori “Sangat Layak”. Tingkat kelayakan ditinjau dari ahli materi mendapatkan rerata 80,5 dari nilai maksimum 96, yang masuk dalam katagori “Sangat Layak”. Tingkat kelayakan ditinjau dari pengguna mendapatkan rerata 66,5 dari nilai maksimum 80, yang masuk dalam katagori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mikrokontroler, komunikasi paralel dan serial
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62652

Actions (login required)

View Item View Item