PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MM 1 DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Vawas, Abid Abdurrohman (2019) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MM 1 DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X MM 1 SMK Muhammadiyah Wonosari melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan prosedur model Kemmis dan Mc Taggart yaitu penelitian tindakan yang dilakukan pada empat tahap kegiatan dalam satu siklus yaitu: perencanaan (Plan) – tindakan (action) – observasi (Observe) – evaluasi atau refleksi (Reflect). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MM 1 SMK Muhammadiyah Wonosari yang berjumlah 26 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase yang dilakukan untuk mendeskripsikan data kualitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Rata-rata Peningkatan kemandirian belajar siswa adalah sebesar 54.5% pada siklus I dan 62.7 % pada siklus II. Sedangkan prosentase prestasi belajar siswa pada pra-siklus adalah sebesar 44,4%, kemudian pada di siklus I naik menjadi 57,6%, dan 73% di siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Problem Solving, Kemandirian, Prestasi Belajar, Dasar Desain Grafis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62643

Actions (login required)

View Item View Item