PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK N 2 TEMANGGUNG PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)

Purwandono, Hindam (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK N 2 TEMANGGUNG PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMK N 2 temanggung pada mata pelajaran komunikasi data menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK N 2 temanggung pada mata pelajaran komunikasi data menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Metode pengumpulan data pada penelitian ini metode observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa, perangkat tes hasil belajar, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase. Analisis ini diterapkan dengan cara mengolah skor keaktifan serta rata-rata nilai tes hasil belajar siswa, menghitung persentasenya, menyajikan data, lalu penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Kesimpulan yang didapat berdasarkan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kooperatif TGT (Teams games Tournament) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase keaktifan siswa pada akhir siklus adalah 81,05 % yang berarti meningkat dari data awal atau baseline (50 %). Pada akhir siklus rata-rata nilai siswa adalah 84,27 yang berarti meningkat dari data awal atau baseline (55,81). Peningkatan paling menonjol terjadi pada aktivitas pergerakan fisik yang meningkat sebesar 20,22 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62641

Actions (login required)

View Item View Item