MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SDLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Arya Pratama , Taufan (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SDLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
skripsi taufan arya pratama.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media animasi kartun pada siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB yakni; Dv dan Sb. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Maret 2011. Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti adalah observasi pada aktivitas belajar siswa dan tes tertulis yang berupa tes objektif yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda, dekte, dan isian/menjawab singkat. Kemampuan menulis Dv dan Sb sebelum diberikan tindakan yakni: belum dapat menulis huruf : b, d, p, q, k, a, u, m, n, v dalam kata, dan belum dapat memberikan jarak (spasi) antar kata. Hasil tes tertulis sebelum tindakan Dv mendapat nilai 25 dan Sb mendapat nilai 35. Pada Siklus I, kemampuan menulis Dv dan Sb yakni: dapat menulis huruf: k, q, b, p, d dalam kata, namun masih belum benar dalam memberikan jarak (spasi) antar kata. Hasil tes tertulis pada siklus I, Dv memperoleh nilai 55 dan Sb memperoleh nilai 45. Hasil tersebut belum memenuhi standar keberhasilan peneliti. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan menulis Dv dan Sb yakni: dapat menulis huruf: b, d, p, q, k, a, m, n dalam kata, dan dapat memberikan jarak (spasi) antar kata. Hasil tes tertulis pada siklus II menunjukkan bahwa Dv mendapatkan nilai 80 dan Sb mendapat nilai 70. Hasil tersebut sesuai dengan standar keberhasilan peneliti karena siswa dapat menulis minimal 5 huruf, dan dapat memberikan jarak (spasi) antar kata serta jika mendapat nilai minimal 65 dari hasil tes tertulis. Kata kunci: media animasi kartun, kemampuan menulis, tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Sep 2012 09:21
Last Modified: 29 Jan 2019 16:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item