PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 KLATEN

Shadikin, Bimbing (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02_BAB 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_BAB 2.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_BAB 3.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media pembelajaran interaktif perakitan komputer berbasis Adobe Flash pada kompetensi Inti memahami, menerapkan dan menganalisis media proses dan penyimpanan komputer dengan kompetensi dasar menjelaskan hasil pengamatan terhadap berbagai komponen perangkat proses dan penyimpanan komputer, (2) media pembelajaran layak digunakan untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Klaten, berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, (3) media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai sumber belajar untuk memahami materi perakitan komputer berdasarkan tanggapan siswa kelas X di SMK Negeri 1 Klaten. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran interaktif perakitan komputer menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Klaten. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif perakitan komputer melalui tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi, (2) kelayakan media pembelajaran interaktif perakitan komputer berdasarkan ahli media masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 3,27 dan persentase kualitas media 82,5%. Berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 3,51 dengan persentase kualitas media 87,80%. Berdasarkan uji coba siswa/responden, media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 3,31. Jadi berdasarkan ahli media, materi, dan responden maka media pembelajaran interaktif perakitan komputer ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Klaten, (3) tanggapan siswa terhadap media pembelajaran interaktif perakitan komputer komputer berbasis Adobe Flash untuk siswa kelas X Teknik Komputer dan Jarnigan di SMK Negeri 1 Klaten diantaranya sangat senang, tidak membosankan, bermanfaat dan setuju untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, perakitan komputer, Teknik Komputer dan Jaringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62601

Actions (login required)

View Item View Item