PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 NANGGULAN

Sa’adhah, Evawati (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 NANGGULAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika., dan (2) hasil belajar siswa ranah psikomotorik dan ranah kognitif melalui model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK N 1 Nanggulan program keahlian Elektronika Industri yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif yaitu post tes yang berupa soal pilihan ganda. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa ranah psikomotorik yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STEM dapat meningkatkan hasil dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Hasil tes belajar menggunakan instrumen tes yang dilaksanakan pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan belajar sebesar 78,12%, dan siklus II sebesar 84,38% mengalami peningkatan sebesar 6,26%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,31 dan siklus II sebesar 78,44 mengalami peningkatan sebesar 3,13, sedangkan hasil observasi belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 77,93% dan siklus II sebesar 81,05% mengalami peningkatan sebesar 3,12%, serta keaktifan belajar pada siklus I memperoleh persentase sebesar 77,39% dan siklus II sebesar 80,75% mengalami peningkatan sebesar 3,36%. Oleh karena itu model pembelajaran STEM dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, hasil belajar, model pembelajaran STEM
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62594

Actions (login required)

View Item View Item