PERSEPSI PROFESIONALITAS GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA

Istriati, Ema Putri (2019) PERSEPSI PROFESIONALITAS GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13 Bab I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 Bab II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 Bab III.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualifikasi akademik guru; (2) mengetahui persepsi guru terhadap pemahaman peraturan profesionalitas guru; (3) mengetahui persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh guru dan peserta didik kelas XI dan XII SMK Muhammadiyah di Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sample) dan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 23 guru produktif dan sebanyak 249 peserta didik kelas XI dan kelas XII kompetensi keahlian TKJ, RPL, Multimedia, TPTL, dan TAV. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi akademik guru, yaitu pada umumnya (100%) telah memenuhi pendidikan minimum D-IV/S-1, sedikit sekali (21,74%) telah sertifikasi pendidik, dan sedikit sekali (39,13%) telah sertifikasi kompetensi keahlian; (2) persepsi terhadap pemahaman peraturan profesionalitas guru, yaitu sebagian kecil guru (56,52%) termasuk kategori baik; (3) persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi pedagogik, yaitu sebagian kecil guru (47,83%) termasuk kategori baik, sedangkan sedikit sekali peserta didik (38,15%) termasuk kategori cukup baik; (4) persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi kepribadian, yaitu sebagian besar guru (78,26%) termasuk kategori sangat baik; sedangkan sedikit sekali peserta didik (36,55%) termasuk kategori baik; (5) persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi sosial, yaitu sebagian kecil guru (43,48%) termasuk kategori sangat baik; sedangkan sedikit sekali peserta didik (34,14%) termasuk kategori cukup baik; (6) persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi profesional, yaitu sebagian kecil guru (52,17%) termasuk kategori baik; sedangkan sedikit sekali peserta didik (33,33%) termasuk kategori baik; dan (7) persepsi profesionalitas guru ditinjau dari kompetensi kejuruan, yaitu sebagian kecil guru (47,83%) termasuk kategori sangat baik; sedangkan sedikit sekali peserta didik (37,35%) termasuk kategori baik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, profesionalitas guru, kompetensi guru
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62580

Actions (login required)

View Item View Item