PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI INSTALASI DAN KONFIGURASI SISTEM OPERASI JARINGAN KELAS XI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN

Fajarudin, Rohmat (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI INSTALASI DAN KONFIGURASI SISTEM OPERASI JARINGAN KELAS XI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
3. Rohmat Fajarudin 14520241011 A.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran tersebut dan dapat mengetahui kelayakan media pmebelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yaitu: (1)Potensi dan masalah, (2)Pengumpulan data, (3)Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5)Revisi Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Masal. Penelitian dilakukan di SMK Nasional Berbah dengan melibatkan 21 responden untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) Produk media pembelajaran Visualisasi Instalasi dan Konfigurasi Sistem Operasi Jaringan kelas XI. (2) Media pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan berdasarkan ahli media yaitu 90%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, untuk ahli materi memiliki tingkat kelayakan 84,58% sehingga dinyatakan “sangat layak”. dan pengujian oleh siswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 86,25% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visualisasi instalasi dan konfigurasi sistem operasi jaringan yang dikembangkan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Administrasi sistem jaringan, kelayakan, sistem operasi jaringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:10
Last Modified: 04 Feb 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62570

Actions (login required)

View Item View Item