PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN ELECTRONICS FUNDAMENTAL KELAS XI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Alvian, Afana (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN ELECTRONICS FUNDAMENTAL KELAS XI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
2. Afana Alvian 12518244014 A-.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Elektronika Dasar dengan aplikasi Electronic Beginner berbasis Android dengan Kompetensi Dasar Pengenalan Komponen Dasar Elektronika untuk siswa kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta dan mengetahui kelayakan aplikasi Electronic Beginner berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (guru), dan pendapat dari siswa. Penelitian ini adalah jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dengan konsep ADDIE (Analysis, Designs, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini dilaksanakan hingga tahap implementasi (Implementation). Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 AdobeAIR. Uji kelayakan atau validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran (guru) dan diujicobakan kepada 37 siswa kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran elektronika dasar berbasis Android untuk mata pelejaran electronics fundamental kompetensi pengenalan komponen dasar elektronika berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh skor rerata 16.82 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, bila dihitung dengan persentase mendapat skor rerata 84.10% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 2) Ahli media diperoleh skor rerata 14.89 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, bila dihitung dengan persentase mendapat skor rerata 93.03% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 3) Ahli pembelajaran (guru) diperoleh skor rerata 27.43 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, bila dihitung dengan persentase mendapat skor rerata 97.96% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Respon oleh siswa terhadap media pembelajaran rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 90% pada setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran media pembelajaran elektronika dasar berbasis Android untuk mata pelejaran electronic fundamental kompetensi pengenalan komponen dasar elektronika layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Research and Development, ADDIE, Android, Electronic Beginner
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:20
Last Modified: 04 Feb 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62565

Actions (login required)

View Item View Item