PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR ELEKTRO PNEUMATIK BERBASIS ANDROID KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO KLATEN

Dewi, Sofia Putri Sari (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR ELEKTRO PNEUMATIK BERBASIS ANDROID KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO KLATEN. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Sofia Putri Sari Dewi 13518241003 A-.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran berbasis android untuk peningkatan kompetensi dasar elektro pneumatik, (2) mengetahui kelayakan aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk peningkatan kompetensi dasar elektro pneumatik, (3) mengetahui dampak media pembelajaran berbasis android untuk peningkatan kompetensi dasar elektro pneumatik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE berdasarkan langkah yang dikemukakan oleh Lee dan Ownes dan Waterfall oleh Pressman untuk perangkat lunak, mencakup: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah media pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik diujikan pada ahli media, ahli materi dan siswa Program Keahlian Mekatronika SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten. Data yang dikumpulkan menggunakan angket instrumen dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan menggunakan model ADDIE dihasilkan media pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik dapat bekerja sesuai proses kerja dengan nilai unjuk kerja 100%; (2) media pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik dinilai baik dengan rincian penilaian ahli materi dengan rata-rata nilai 67,50 kategori “layak”, penilaian ahli media dengan rata-rata nilai 117,5 kategori “layak”, dan penilaian respon siswa dengan rata-rata nilai 68,81 dengan kategori “baik”; dan (3) pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik meningkatkan kompetensi pembelajaran sebanyak 16 siswa, hasil persebaran gain yang didapatkan siswa SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten termasuk dalam kategori “tinggi”, karena perolehan nilai gain pada semua siswa termasuk pada kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Pneumatik, Dasar Elektro pneumatik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:33
Last Modified: 04 Feb 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62560

Actions (login required)

View Item View Item