PERANCANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MATA PELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN

Prabowo, Wahyu Susilo (2019) PERANCANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MATA PELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB_1 - 11520244004 - Wahyu Susilo Prabowo.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_2 - 11520244004 - Wahyu Susilo Prabowo.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_3 - 11520244004 - Wahyu Susilo Prabowo.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Kualitas perangkat penilaian kinerja guru berbasis Microsoft Excel di SMA Negeri 1 Kebumen masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya pengaturan basis data serta output hasil penilaian yang tidak efektif dan efesien sedangkan penilaian kinerja guru merupakan hal yang substansial tapi pelaksanaannya memunculkan permasalahan baik sisi teknis maupun nonteknis dari tingkat bawah hingga pusat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk merancang dan membuat sistem informasi penilaian kinerja guru mata pelajaran berbasis web serta melakukan analisis kualitas berdasarkan aspek reliability, usability, efficiency, testability serta portability. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall. Model air terjun ini mencakup sejumlah fase atau tahapan, yaitu communication, planning, modeling, serta construction. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan framework CodeIgniter dengan konsep MVC yang memiliki performa bagus dan memiliki benchmark yang tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) sistem informasi penilaian kinerja guru mata pelajaran yang dikembangkan memiliki dua tingkatan pengguna yaitu kepala sekolah sebagai admin serta guru penilai yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai tim guru penilai dimana masing-masing pengguna memiliki fitur sesuai hak akses yang dimiliki. (2) Pengujian sistem ini memperoleh hasil 98,7% (Sangat Tinggi) pada aspek reliability dengan error rate sebesar 0,3%. Pada aspek usability mendapatkan hasil persentase sebesar 81,99% (Sangat Tinggi), pada aspek efficiency mendapatkan hasil persentase 99% (Sangat Tinggi) menggunakan parameter PageSpeed Insights dan persentase 83% (Sangat Tinggi) menggunakan parameter YSlow, pada aspek testability mendapatkan nilai fungsionalitas 1 yang berarti baik, sedangkan pada aspek portabilty sistem ini berhasil dijalankan dengan lancar pada lima peramban web (browser) yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, penilaian kinerja guru, website, waterfall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62540

Actions (login required)

View Item View Item