Mahdi, Anshari (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS TAMAN I DI SLB B KARNNAMANOHARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
mahdi.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak tunarungu dengan menggunakan media cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrooms action research) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart.Subjek penelitian adalah 10 siswa tunarungu kelas Taman I SLB B Karnnamanohara Yogyakarta.Penelitian terdiri dari 1 siklus.Satu siklus terdiri dari 4 kali pertemuan.Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan keterampilan sosial siswa setelah penggunaan media cerita bergambar dalam kegiatan pembelajaran, observasi, dan wawancara.Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita bergambar dalam pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa tunarungu.Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian keterampilan sosial oleh siswa.Peningkatan keterampilan sosial siswa tunarungu pada siklus I sebesar 16,67 kondisi awal 59 meningkat menjadi 75,67. Media cerita bergambar memudahkan siswa dalam memahami hal yang abstrak mengenai keterampilan sosial.Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan media cerita bergambar keterampilan sosial siswa tunarungu meningkat. Kata kunci: media cerita bergambar, keterampilan sosial, siswa tunarungu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 09:22 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6249 |
Actions (login required)
View Item |