PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERMATIKA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN OPERASI PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D-II DI SLB C DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA

Gardi Purwanti, Ruly (2012) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERMATIKA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN OPERASI PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D-II DI SLB C DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
abstrak. ruly gardi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dalam pembelajaran remedial melalui multimedia interaktif cermatika pada siswa tunagrahita ringan kelas D-II di SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 3 siswa tunagrahita ringan kelas D-II, 2 laki-laki dan 1 perempuan. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan kegiatan post test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan operasi hitung penjumlahan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan desktiptif kuantitatif dan peresentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif cermatika dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dalam pembelajaran remedial pada siswa tunagrahita ringan kelas D-II. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan skor setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I subjek JLS mengalami peningkatan 120% dari kriteria kurang menjadi baik, subjek II FLH mengalami peningkatan 73,3% dari kriteria kurang menjadi cukup, subjek KMH mengalami peningkatan 33,3% masih tetap dalam kriteria kurang. Pelaksanaaan tindakan siklus I dipandang belum optimal karena 2 subjek masih < dari KKM sebesar 60. Kemudian dilakukan tambahan atau modifikasi tindakan pada siklus II berupa pengaturan waktu, penggunaan multimedia interaktif cermatika dijelaskan dahulu sebelum dibagikan kepada siswa, modifikasi penggunaan multimedia interaktif cermatika, penjelasan guru tentang nilai operasi penjumlahan lebih disederhanakan. Hasilnya dari siklus II subjek JLS mengalami peningkatan 24,2% dari kriteria baik menjadi baik sekali, subjek FLH mengalami peningkatan 76,9% dari kriteria cukup menjadi baik sekali, subjek KMH mengalami peningkatan 105,5% dari kriteria kurang menjadi baik. Kesimpulannya adalah penggunaan multimedia interaktif cermatika dalam pembelajaran remedial dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas D-II di SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Kata kunci: Multimedia interaktif cermatika, pembelajaran remedial, peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan, siswa tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Sep 2012 09:22
Last Modified: 29 Jan 2019 16:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item