Efektivitas Penggunaan Media Animasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 4 Yogyakarta

Yahya, Rizki Fakhrul (2018) Efektivitas Penggunaan Media Animasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS RIZKI FAKHRUL YAHYA.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan media animasi dan media konvensional dalam pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar siswa, dan (2) perbedaan penggunaan media animasi dan media konvensional dalam pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment research), dengan populasi siswa kelas X IPS di SMA N 4 Yogyakarta yang terbagi dalam tiga kelas. Sebagai sampel diambil sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling, terdiri atas 34 orang siswa kelas IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penggunaan media animasi, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan dengan penggunaan media konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Beda (t-Test) untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media animasi dalam pembelajaran ekonomi lebih baik dibandingkan dengan media konvensional terhadap motivasi belajar siswa. (2) penggunaan media animasi dalam pembelajaran ekonomi lebih baik dibandingkan dengan media konvensional terhadap hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil uji Beda (tTest) pada nilai signifikansi 0.000< 0.005, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penggunaan media animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, media animasi, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Date Deposited: 16 Jan 2019 03:21
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62441

Actions (login required)

View Item View Item