Analisis Kesalahan Gramatikal Mahasiswa Semester IV Pada Mata Kuliah Expression Ecrite IV Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuleika, Tika (2018) Analisis Kesalahan Gramatikal Mahasiswa Semester IV Pada Mata Kuliah Expression Ecrite IV Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tika-zuleika-16706251041.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan bentuk kesalahan dan tingkat kesalahan gramatikal yang terdapat pada karangan berbahasa Prancis, dan (2) mengetahui frekuensi kesalahan global dan kesalahan lokal yang terdapat pada karangan berbahasa Prancis mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis UNY, pada mata kuliah expression ecrite IV. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan berbahasa Prancis mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis UNY pada mata kuliah expression ecrite IV. Terdapat empat kelas dengan total 40 mahasiswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Tahap analisis data yaitu terdiri dari (1) mengidentifikasi kesalahan, (2) mengklasifikasikan kesalahan berdasarkan bentuk dan tingkat kesalahan, (3) menghitung frekuensi kesalahan, dan (4) perbaikan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 224 data kesalahan gramatikal dalam tulisan berbahasa Prancis mahasiswa. Bentuk kesalahan gramatikal tersebut terdiri dari empat bentuk, yaitu omission, addition, misformation, dan misordering. Kesalahan berupa misformation merupakan bentuk kesalahan gramatikal paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Kesalahan gramatikal tersebut terdiri dari dua tingkat kesalahan, yaitu kesalahan lokal dan kesalahan global. Berdasarkan total frekuensi kesalahan global dan kesalahan lokal, mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan pada tingkat lokal. Ditemukan sebanyak 123 frekuensi kesalahan lokal yang dilakukan oleh mahasiswa, dengan persentase sebesar 54.9%, serta ditemukan pula kesalahan global pada tulisan mahasiswa, yaitu sebanyak 101 kesalahan, dengan jumlah persentase 45.1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, bahasa Prancis, menulis, tata bahasa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:50
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62436

Actions (login required)

View Item View Item