Efektivitas Teknik Modeling terhadap Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Yogyakart

Lestari, Lestari (2018) Efektivitas Teknik Modeling terhadap Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Yogyakart. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lestari-16713251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Teknik modeling merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam pendekatan behaviour untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik modeling terhadap peningkatan motivasi belajar dan disiplin belajar peserta didik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Wilxocon yang bertujuan untuk mengetahui hasil pretest dan posttest motivasi belajar dan disiplin belajar peserta didik antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Uji Mann-Whitney digunakan untuk mengetahui efektivitas teknik modeling terhadap motivasi belajar dan disiplin belajar peserta didik. Adapun sampel penelitian berjumlah 14 peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Yogyakarta yang memiliki permasalahan motivasi belajar dan disiplin belajar yang belum sesuai dengan harapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik skala dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik modeling terbukti efektif tehadap motivasi belajar dan disiplin belajar peserta didik. Adapun kesimpulan dari hasil uji hipotesis menunjukkan sign ≤ 0,05 pada motivasi belajar dan sign ≤ 0,05 pada disiplin belajar peserta didik hipotesis diterima. Saran bagi peneliti lain adalah teknik modeling sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah peserta didik dalam bidang belajar. Kata Kunci: Teknik Modeling, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:49
Last Modified: 26 Oct 2022 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62435

Actions (login required)

View Item View Item