Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Kewargaan Peserta Didik di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School (SMA 9 Al-Azhar Yogyakarta)

Rifa, Mochamad Arinal (2018) Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Kewargaan Peserta Didik di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School (SMA 9 Al-Azhar Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS MOCHAMAD ARINAL RIFA.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (l) bentuk kegiatan pengembangan kecerdasan moral peserta didik, (2) proses pelaksanaan pengembangan kecerdasan moral peserta didik, dan (3) efektivitas pengembangan kecerdasan moral peserta didik di SMA 9 Al-Azhar Yogyakarta sebagai sekolah dengan sistem boarding school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA 9 Al-Azhar Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus, pembina, musrip, guru, wali murid, dan peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis melalui langkah reduksi data, dan kategorisasi, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) bentuk kegiatan pengembangan kecerdasan moral kewargaan peserta didik dalam kegiatan di asrama terdiri dari pembinaan kemandirian, pembiasaan, halaqah (bimbingan akhlak), dan bimbingan bahasa asing. Moral conditioning dan moral training peserta didik dilakukan dalam bentuk pembiasaan yang merupakan pengamalan dari pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai normatif. Pembiasaan tersebut antara lain pelaksanaan shalat berjamaah, hafalan ayat-ayat Al Quran, adab berbicara dan bersikap terhadap teman sebaya maupun pembina, dan pelaksanaan berbagai kegiatan sebagaimana waktu yang ditentukan. (2) Proses dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan moral kewargaan peserta didik yang diintegrasikan dalam kegiatan akademik di kelas, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dapat membentuk kompetensi kewarganegaraan peserta didik yang meliputi civic knowledge, civic skill, dan civic disposition. (3) Pengembangan kecerdasan moral kewargaan di SMA 9 Al-Azhar Yogyakarta sebagai sekolah dengan sistem Boarding School memberikan efektifitas dan dampak terhadap pembentukan kecerdasan moral peserta didik, di antaranya perubahan peserta didik dalam berperilaku baik dan sopan kepada orang lain, bertanggung jawab terhadap tugas yang dimilikinya, kemandirian, ketaatan, dan kedisiplinan dalam melaksanakan kewajibannya, dan kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan. Kata Kunci: boarding school, kecerdasan moral, pendidikan kewarganegaraan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Date Deposited: 15 Jan 2019 08:41
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62428

Actions (login required)

View Item View Item