Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Dan Aspek Kognitif Fisika Siswa SMA Berbasis Local Wisdom Melalui Proyek

Allivna, Allivna (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Dan Aspek Kognitif Fisika Siswa SMA Berbasis Local Wisdom Melalui Proyek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Allivna_16726251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui konstruksi instrumen penilaian keterampilan proses dan aspek kognitif fisika peserta didik SMA berbasis local wisdom melalui proyek, (2) mengetahui karakteristik instrumen penilaian keterampilan proses dan aspek kognitif fisika peserta didik SMA berbasis local wisdom melalui proyek, dan (3) mengukur ketercapaian keterampilan proses dan aspek kognitif fisika peserta didik SMA berbasis local wisdom melalui proyek. Penelitian ini menggunakan metode penyusunan instrumen yang dikemukakan oleh Mardapi. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi (1) menyusun spesifikasi instrumen (2) menuliskan naskah (3) menelaah instrumen (4) uji coba instrumen (5) analisis instrumen (6) melakukan revisi instrumen (7) melakukan pengukuran (8) menafsirkan hasil pengukuran. Instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kognitif dan instrumen penilaian keterampilan proses yang terdiri dari lembar observasi keterampilan proses dan portofolio. Penelitian ini melibatkan 253 peserta didik SMA di Kabupaten Kebumen pada tahap uji coba terbatas dan 36 peserta didik SMA di Kabupaten Magelang pada tahap uji lapangan. Data diperoleh menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan Quest, Parscale, SPSS, dan EduG. Analisis validasi instrumen mengacu pada nilai Aiken V, analisis faktor, tingkat kecocokan butir, tingkat kesukaran butir, kurva karakteristik butir. Analisis reliabilitas instrumen penilaian kognitif melalui nilai summary of item estimate, summary of case estimate, fungsi informasi dan standard error measurement (SEM), sedangkan reliabilitas instrumen keterampilan proses melalui analisis koefisien G relatif menggunakankan EduG. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) konstruksi instrumen penilaian keterampilan proses lolos analisis faktor yang mengacu pada aspek yakni mengobservasi, mengukur, melakukan eksperimen, melakukan inferensi, memprediksi, komunikasi dan memberikan simpulan, konstruksi instrumen penilaian kognitif lolos analisis faktor yang mengacu pada taksonomi bloom, yakni mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta, (2) instrumen penilaian keterampilan proses memenuhi kriteria valid dan reliabel, serta instrumen penilaian kognitif memenuhi kriteria valid, reliabel, tingkat kesukaran butir, dan (3) Keterampilan proses peserta didik 25 % tergolong sangat baik, 42 % baik, 25 % cukup, 5 % kurang, dan 3 % tergolong sangat kurang. Kemampuan kognitif peserta didik 3 % tergolong sangat baik, 64 % tergolong baik, 30 % tergolong cukup, 3 % tergolong kurang, dan 0 % tergolong sangat kurang. Kata kunci : instrumen penilaian, kognitif, keterampilan proses, local wisdom.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:29
Last Modified: 08 May 2019 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62422

Actions (login required)

View Item View Item