Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Komunikasi Fisika dan Aspek Kognitif Siswa SMA Berbasis Local Wisdom Melalui Simulasi

Mardikawati, Rizki Ageng (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Komunikasi Fisika dan Aspek Kognitif Siswa SMA Berbasis Local Wisdom Melalui Simulasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis full rizky.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan instrumen penilaian kemampuan komunikasi fisika dan aspek kognitif berbasis local wisdom melalui simulasi untuk mata pelajaran fisika SMA ditinjau dari konstruksinya, (2) mengetahui karakteristik dari instrumen penilaian kemampuan komunikasi fisika dan aspek kognitif berbasis local wisdom melalui simulasi untuk mata pelajaran fisika SMA ditinjau dari validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran butir, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan instrumen penilaian kemampuan komunikasi fisika dan aspek kognitif berbasis local wisdom melalui simulasi untuk mata pelajaran fisika SMA. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan khusus penilaian instrumen tes dan non-tes yang dikembangkan oleh Mardapi (2012). Prosedur pengembangan ini terdiri dari delapan langkah yang meliputi: 1) menyusun spesifikasi instrumen, 2) menulis Instrumen, 3) mentelaah instrumen, 4) melakukan ujicoba, 5) menganalisis Instrumen, 6) memperbaiki instrumen, 7) melaksanakan instrumen, 8) menafsirkan hasil pengukuran instrumen. Instrumen penilaian yang dikembangkan pada tahap menyusun dan menulis instrumen meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar Pengamatan, Lembar Portofolio, dan Tes Aspek Kognitif pada materi Dinamika Rotasi. Desain uji coba meliputi 1) penilaian ahli yang melibatkan enam ahli dalam pendidikan fisik yang dianalisis menggunakan persamaan Aiken. 2) ujicoba terbatas melibatkan 250 siswa kabupaten Magelang untuk mendapatkan spesifikasi butir tes aspek kognitif dan uji keterbacaan melibatkan masing-masing satu guru fisika dan satu kelas di SMA N 1 Muntilan, SMA IT Ihsanul Fikri, dan SMA Muhammadiyah Magelang. Data empat kategori dari pilihan ganda beralasan dianalisis mengikuti Partial Credit Model (PCM) dengan bantuan program Quest dan Parscale. 3) ujicoba lapangan dilakukan kepada 33 siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri yang kemudian digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi fisika dan aspek kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konstruksi yang dikembangkan berupa instrumen kemampuan komunikasi fisika dan tes aspek kognitif (2) Instrumen penilaian dinyatakan telah memenuhi validitas isi berdasarkan penilaian 3 ahli dan 3 praktisi dengan indeks V Aiken ≥ 0,78, instrumen non tes dinyatakan reliabel dengan koefisien G Relative dan G Absolute 1,00, instrumen tes kognitif yang terdiri dari 33 butir dinyatakan fit dengan PCM dan tingkat kesulitan butir berada dalam rentang -1,16 sampai 0,98 yang berarti butir dalam keadaan baik, tes tersebut juga memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi dan cocok untuk mengukur peserta didik dengan ability -0,25 sampai dengan 0,8 dengan SEM 0,20. (3) instrumen penilaian dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil uji korelasi menunjukkan sig. 0,000 < 0,05 dan pearson correlation sebesar 0,948 (hubungan positif). Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Kemampuan Komunikasi, Aspek Kognitif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:41
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62420

Actions (login required)

View Item View Item