Pengembangan Media Garis Bilangan Pandawa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menghitung Operasi Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Susilawati, Ika (2018) Pengembangan Media Garis Bilangan Pandawa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menghitung Operasi Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-susilawati-14712251055.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Media Garis Bilangan Pandawa yang layak untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menghitung operasi bilangan bulat lengkap pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas IV SD dan (2) mengungkapkan keefektifan media yang dihasilkan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah: (1) research and information collection, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, ( 5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, dan (10) dissemination and implementation. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Umbulharjo 2, SD Watuadeg, SD Bronggang Baru, dan SD Kepuharjo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi kelayakan produk, angket respon guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes keterampilan menghitung operasi bilangan bulat. Analisis data menggunakan independet sample t-test dan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media garis bilangan Pandawa yang dihasilkan layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menghitung operasi bilangan bulat pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas IV SD. Kelayakan media tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi ahli media yag memperoleh nilai dengan kategori “layak”. Hasil respon guru dan siswa memperoleh nilai dengan kategori “sangat baik” dan „baik” (2) Media yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menyelesaikan operasi bilangan bulat. Keefektifan media tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai sig < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil angket motivasi dan tes antara kelas kontrol dan eksperimen. Sementara itu dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil angket motivasi dan tes keterampilan menghitung operasi bilangan bulat di kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah menggunakan media garis bilangan Pandawa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bilangan bulat, motivasi belajar, media garis bilangan Pandawa, keterampilan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2019 01:50
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62416

Actions (login required)

View Item View Item